RPS Inovasi Pembelajaran IPS



RENCANA PEMBELAJARAN SEMESTER (RPS)


Matakuliah              :   Inovasi Pembelajaran IPS
Program Studi        :   Pendidikan Guru Sekolah Dasar


TUJUAN  MATAKULIAH
Mata kuliah ini bertujuan mengembangkan pengetahuan, wawasan, dan keterampilan mahasiswa dalam mengkaji aspek-aspek inovasi pendidikan IPS. Untuk mencapai tujuan umum itu mahasiswa harus memiliki, Pengetahuan dan pemahaman mengenai arti inovasi dan persyaratan untuk melakukan inovasi melalui kajian teoritik tentang inovasi.
DESKRIPSI MATAKULIAH
Mata kuliah ini mengkaji pengertian dan arti penting inovasi, elemen-elemen dalam inovasi, proses pengembangan inovasi, strategi inovasi individual, katagori dan karakteristik maupun  strategi dalam analisis kegagalan dan keberhasilan inovasi pembelajaran IPS.
PENDEKATAN PEMBELAJARAN
Selama mengikuti perkuliahan ini mahasiswa IPS diwajibkan mengikuti kegiatan:
Ø  Metode            : Ceramah, tanya jawab, diskusi dan pemecahan masalah
Ø  Tugas               : Makalah, Penyajian dan Diskusi, Pengumpulan data lapangan
Ø  Media              : OHP, LCD
EVALUASI
Evaluasi pembelajaran dilakukan terhadap:
Ø  Kehadiran
Ø  Makalah + Penyajian dan Diskusi
Ø  UTS
Ø  UAS
URAIAN POKOK BAHASAN SETIAP PERTEMUAN:
  1. Kesepakatan proses dan hasil perkuliahaan
  2. Pengertian difusi inovasi versus invensi dan discoveri, Saluran komunikasi, Dimensi waktu dalam Dimensi Sistem Sosial.
  3. Identifikasi masalah /kebutuhan, penelitian, pengembangan, komersialisasi, difusi dan adopsi versus diseminasi, implikasi inovasi
  4. Atribut keuntungan relatif, kesesuaian,  kompleksitas, triability, dan terukur hasilnya (MAKALAH PRESENTASI)
  5. Menentukan calon adopter, proses difusi dan inovasi individual, pemilihan saluran komunikasi, katagori adopter dan karakteristiknya (MAKALAH PRESENTASI
  6. Kepemimpinan opini, jaringan difusi, peran agen pembaharuan (MAKALAH PRESENTASI)
  7. Keinovatifan organisasi, tahap inovasi dalam organisasi, jenis mengadopsi  (MAKALAH PRESENTASI)
  8. Hasil kajian analisis (UTS)
  9. Teori-teori pembelajaran (MAKALAH PRESENTASI)
  10. Pembelajaran IPS yang Inovatif (MAKALAH PRESENTASI)
-CTL
-Pembelajaran langsung
-Kooperatif: jigsaw, STAD, TGT
-PAIKEM
  1. Metode pembelajaran berbasis masalah  (MAKALAH PRESENTASI)
  2. pembelajaran IPS yang inovatif sesuai dengan tujuan pembelajaran (MAKALAH PRESENTASI)
  3. karakteristik dan tujuan pembelajaran IPS tingkat SD. (MAKALAH PRESENTASI)
  4. Pengorganisasian Materi IPS-Materi IPS SD (MAKALAH PRESENTASI)
  5. implementasi pembelajaran  IPS di SD (MAKALAH PRESENTASI)
  6. UAS
 DAFTAR BUKU
Andersen,C.,P.G. Avery.P.V. Pederson,E.S.Smith,J.L.Sullivan (1997). Divergent perspectives on citizenship education: A Q-method study and survey of social studies techers. American Educatioal Research Jornal, 34,2.
Baker, E.L. (1996) Implication of the OECD Comparative Study of Performance Standar For Educational Reform in the United States. CSE Technical Report 419. National Center for research on Evaluation, Standars, and Student Testing.
Brophy,J. dan J. Alleman (1996). Powerfull social studies for elementary students. Forth Worth: Harcut Brace College Publisher
Gregg, S.M. dan G. Leinhardt,. (1994) Mapping out geography: an example of epistemology and education Review of Educational Research,62,2.
Hasan, S.H. (1996) Pendidikan Ilmu Sosial. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.
Hess, F.M. (1999). Bringing the Social sciences Alive: 10 Simulations for History, Economics, Government, and Geogaphy. Boston; Allyn and bacon.
Hursh,D.W. dan E.W. Ross (2000). Democratic Social Education: Social Studies for Social Change. New York; Pelmer Presss.
Lindquist, T. (1995) Seeing the whole through social studies, London: Heinemann
Louis, K.S. dan B, Versloot (1996), High standars and cultural diversity: Cautionart tales of comparative research – A commet on “bencmarking education standars”, Educational Evaluation and Policy Analysis, 18,3.
NIER (1999): International curriculum. Tokyo: NIER
National Center for History in the Schools (1996) National standars for history Los Angeles, CA; National Center for Hisory in the Schools.
O’Donnell, S. dkk. (2002) (Eight ed). Interbational Review of Curriculum nand Assessment Frameworks: Comparative tables and factual summaries – 2002. London: National Foundation for Educational Research.
Resnick, L, K   Nolan, dan D Resnick (1995) . Benchmarking education standars Educational Evaluation and policy analysis, 17-4.
Roeseffendi, E.T. (2006).   Membantu Guru Mengembangkan Kompetensi       dalam  Pengajaran  IPS  untuk  Meningkatkan   CBSA.   Bandung: Tarsito
Sanjaya, Wina. (2006). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses
       Pendidikan. Jakarta : Kencana Prenada Media Group
Sa’ud, Udin Syaefudin. (2009). Inovasi Pendidikan. Bandung : Alfabeta.
Senduk, A.G. (1985). Teori Perkembangan Intelektual Jean Piaget. Bandung: FPS IKIP Bandung.
Savage,  dan D.G. Armstrong (1996). Effective teaching in elementary social studies. Engewood Cliffs, New Jersey: Prentice-Hall.
Schubert, W.H. (1986) Curriculum: Perspective, paradigm, and possibility. New York: Macmillan.

Komentar

Postingan Populer