RPS Inovasi Pembelajaran IPS
RENCANA PEMBELAJARAN
SEMESTER (RPS)
Matakuliah : Inovasi Pembelajaran
IPS
Program Studi : Pendidikan
Guru Sekolah Dasar
TUJUAN MATAKULIAH
Mata kuliah ini bertujuan mengembangkan pengetahuan,
wawasan, dan keterampilan mahasiswa dalam mengkaji aspek-aspek inovasi
pendidikan IPS. Untuk
mencapai tujuan umum itu mahasiswa harus memiliki, Pengetahuan dan
pemahaman mengenai arti inovasi dan persyaratan untuk melakukan inovasi melalui
kajian teoritik tentang inovasi.
DESKRIPSI MATAKULIAH
Mata kuliah ini mengkaji pengertian dan arti penting
inovasi, elemen-elemen dalam inovasi, proses pengembangan inovasi, strategi inovasi
individual, katagori dan karakteristik maupun
strategi dalam analisis kegagalan dan keberhasilan inovasi pembelajaran IPS.
PENDEKATAN PEMBELAJARAN
Selama mengikuti perkuliahan ini mahasiswa IPS
diwajibkan mengikuti kegiatan:
Ø Metode :
Ceramah, tanya jawab, diskusi dan pemecahan masalah
Ø Tugas :
Makalah, Penyajian dan Diskusi, Pengumpulan data lapangan
Ø Media :
OHP, LCD
EVALUASI
Evaluasi pembelajaran dilakukan terhadap:
Ø Kehadiran
Ø Makalah + Penyajian dan Diskusi
Ø UTS
Ø UAS
URAIAN POKOK BAHASAN SETIAP PERTEMUAN:
- Kesepakatan proses dan hasil perkuliahaan
- Pengertian difusi inovasi versus invensi dan discoveri, Saluran komunikasi, Dimensi waktu dalam Dimensi Sistem Sosial.
- Identifikasi masalah /kebutuhan, penelitian, pengembangan, komersialisasi, difusi dan adopsi versus diseminasi, implikasi inovasi
- Atribut keuntungan relatif, kesesuaian, kompleksitas, triability, dan terukur hasilnya (MAKALAH PRESENTASI)
- Menentukan calon adopter, proses difusi dan inovasi individual, pemilihan saluran komunikasi, katagori adopter dan karakteristiknya (MAKALAH PRESENTASI
- Kepemimpinan opini, jaringan difusi, peran agen pembaharuan (MAKALAH PRESENTASI)
- Keinovatifan organisasi, tahap inovasi dalam organisasi, jenis mengadopsi (MAKALAH PRESENTASI)
- Hasil kajian analisis (UTS)
- Teori-teori pembelajaran (MAKALAH PRESENTASI)
- Pembelajaran IPS yang Inovatif (MAKALAH PRESENTASI)
-CTL
-Pembelajaran langsung
-Kooperatif: jigsaw, STAD, TGT
-PAIKEM
- Metode pembelajaran berbasis masalah (MAKALAH PRESENTASI)
- pembelajaran IPS yang inovatif sesuai dengan tujuan pembelajaran (MAKALAH PRESENTASI)
- karakteristik dan tujuan pembelajaran IPS tingkat SD. (MAKALAH PRESENTASI)
- Pengorganisasian Materi IPS-Materi IPS SD (MAKALAH PRESENTASI)
- implementasi pembelajaran IPS di SD (MAKALAH PRESENTASI)
- UAS
DAFTAR BUKU
Andersen,C.,P.G. Avery.P.V. Pederson,E.S.Smith,J.L.Sullivan (1997). Divergent
perspectives on citizenship education: A Q-method study and survey of social
studies techers. American Educatioal
Research Jornal, 34,2.
Baker, E.L. (1996) Implication of the OECD Comparative Study of
Performance Standar For Educational Reform in the United States. CSE Technical
Report 419. National
Center for research on
Evaluation, Standars, and Student Testing.
Brophy,J. dan J. Alleman (1996). Powerfull social studies for elementary students. Forth Worth: Harcut
Brace College
Publisher
Gregg, S.M. dan G. Leinhardt,. (1994) Mapping out geography: an
example of epistemology and education
Review of Educational Research,62,2.
Hasan, S.H. (1996) Pendidikan
Ilmu Sosial. Jakarta:
Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.
Hess, F.M. (1999). Bringing the Social sciences Alive: 10 Simulations for History, Economics,
Government, and Geogaphy. Boston;
Allyn and bacon.
Hursh,D.W. dan E.W. Ross (2000). Democratic
Social Education: Social Studies for Social Change. New York; Pelmer Presss.
Lindquist, T. (1995) Seeing
the whole through social studies, London:
Heinemann
Louis, K.S. dan B, Versloot (1996), High standars and cultural diversity: Cautionart tales of
comparative research – A commet on “bencmarking education standars”, Educational Evaluation and Policy
Analysis, 18,3.
NIER (1999): International
curriculum. Tokyo:
NIER
National Center for History
in the Schools (1996) National standars
for history Los Angeles, CA;
National Center for Hisory in the Schools.
O’Donnell, S. dkk. (2002) (Eight ed). Interbational Review of Curriculum nand Assessment Frameworks:
Comparative tables and factual summaries – 2002. London: National Foundation for Educational
Research.
Resnick, L, K Nolan, dan D
Resnick (1995) . Benchmarking education standars Educational Evaluation and policy analysis, 17-4.
Roeseffendi,
E.T. (2006). Membantu Guru
Mengembangkan Kompetensi dalam Pengajaran
IPS untuk Meningkatkan
CBSA. Bandung: Tarsito
Sanjaya, Wina. (2006). Strategi
Pembelajaran Berorientasi Standar Proses
Pendidikan. Jakarta : Kencana Prenada Media Group
Sa’ud, Udin
Syaefudin. (2009). Inovasi Pendidikan.
Bandung :
Alfabeta.
Senduk, A.G. (1985). Teori Perkembangan Intelektual Jean Piaget. Bandung: FPS IKIP Bandung.
Savage, dan D.G. Armstrong
(1996). Effective teaching in elementary
social studies. Engewood Cliffs,
New Jersey: Prentice-Hall.
Schubert, W.H. (1986) Curriculum:
Perspective, paradigm, and possibility. New York: Macmillan.
Komentar
Posting Komentar